Membuat Garis Tepi Mengelilingi Objek dengan Contour di Coreldraw

Assalamu'alaikum sobat,

Bagaimana Cara untuk Membuat Garis Tepi Mengelilingi Objek dengan Contour di Coreldraw, contoh kasusnya adalah yang biasa kita temui untuk membuat teks agar lebih terlihat, yaitu dengan memperkuat penampakan dengan penambahan garis tepi mengelilingi teks yang kita buat tadi ya sobat.

membuat efek garis tepi teks di coreldraw dengan contour

Sebenarnya dari kasus di atas, ada berbagai cara mengerjakannya di coreldraw, namun kali ini kita akan bahas dengan satu cara yaitu dengan menggunakan efek contour. efek contour merupakan efek yang bisa kita gunakan untuk membuat garis tepi di objek dan teks yang kita buat di coreldraw, hanya dengan sekali klik, kita bisa membuat objek menjadi dikelilingi tepian garis, namun anda juga perlu mengatur settingannya terlebih dahulu tentunya,

Oke langsung saja bagaimana cara kerjanya membuat tepian garis di objek dengan contour ini, silahkan simak step-stepnya:

1. Buat sebuah teks yang akan kita beri garis tepi


2. Pilih menu Effects > Contour (Ctrl + F9)


3. Pada Docker Bar Contour di Sebelah Kanan, Pilih Opsi Outside, beri nilai Offset dan Stepnya. (menu ini aktif ketika sobat klik atau aktifkan objek/teks yang sobat buat tadi ya)





4. Setelah sudah Pilih Apply, dan sobat bisa atur warna garis tepi di bawah menu bar




5. Silahkan Coba-coba sendiri atau untuk mempermudah memberi warna lainya, sobat bisa juga Langkah selanjutnya (pakai shortcut lebih mudah) Break apart (Ctrl+K) > Ungroup (Ctrl+U) > Combine (Ctrl+L) dan hasilnya seperti gambar dibawah ini  




dan selanjutnya terserah anda ya sobat... hehehe
semoga bermanfaat, terima kasih sudah mampir...

salam desain,


Al Maqdis Desain grafis

0 komentar