Cara Memotong Objek atau Gambar di Coreldraw

Assalamu'alaikum sobat Al Maqdis dimana pun anda berada.. hehe

Selama ini saya belajar dalam hal desain di coreldraw sepertinya tidak pernah luput dengan beberapa tool yang berfungsi untuk memotong objek, dulu sekali ketika saya awal belajar membuat logo sempat kualahan karena tidak mengerti bagaimana cara memotong objek dengan perpotongan objek lain yang kita gunakan sesuai dengan yang diinginkan.

Akhirnya saya pun bertanya kepada guru informatika, karena saat itu belum familiar internet.. hehe, dan alhamdulillah saya dikasih info tentang Trim, Intersect dan kawan-kawannya yang fungsinya dapat kita gunakan untuk memotong, membelah, dan merajang... (udah kayak pisau saja yah sob.. wkwkkk)

Untuk sobat yang mau baca lagi menu tool dasar di coreldraw bisa lihat lagi Mengenal Tool di Coreldraw di tulisan yang lalu,

Ohya bagaimana sobat, tertarik ingin tahu tentang tool ini? oke kita coba intip dimanakah tempat menu yang satu ini?... yups langsung Buka saja Coreldrawnya sekarang yah... kemudian buat objek lingkaran dan kotak terlebih dahulu.

cara memotong objek dengan coreldraw

setelah kita buat objek lingkaran dan objek kotak menumpuk seperti ini, kita bisa memotong objek lingkaran dengan kotak di atasnya, yaitu dengan klik atau seleksi kotak, kemudian tekan Shift di keyboard, dan klik objek lingkarannya, (baru setelah diseleksi kedua objek, akan muncul menu Trim dkk di toolbar atas)


dan silahkan klik trim, kemudian lihat hasilnya...

how to trim in coreldraw




itu dia hasil setelah di trim, maka objek lingkaran tadi akan terpotong mengikuti kotak yang dibuat sebagai pemotong tadi,

Catatan : 
objek pemotong haruslah diklik pertama kali, kemudian tekan dan tahan shift, baru pilih klik objek yang akan dipotong. (jangan sampai keliru di urutan kliknya ya sobat, karena hasil akan beda kalau sobat klik urutan terbalik). tapi silahkan coba-coba saja semau sobat... gratis ko... hehe

ohya untuk menu disampingnya seperti intersect, weld, dll, silahkan dicoba sendiri dengan cara yang mirip dengan tutorial Cara Memotong Objek atau Gambar di Coreldraw ini.

terima kasih sudah menyimak, semoga bermanfaat.

Salam Desain,


Al Maqdis desain grafis

0 komentar