Hikmah Puasa Bulan Ramadhan

Posted by ibnu uzer Jumat, 19 Juli 2013 0 comments
hikmah dan manfaat puasa ramadhan
Assalamu'alaikum.... ^_^

Bagaimana nih puasa sobat...? mudah-mudahan lancar dan barokah yaak sob... Aamiin,,,, emmm lagi puasa kayak gini enaknya ngomongin apaan yah sob...? makanan..? minuman..? hemm gak deh kayaknya malah nambah laper kalo ngomongin ntu... hikks.... mending kita cari tau apa saja yaa Hikmah Kita Berpuasa Bulan Romadhon...? oke...??!

Barangkali saja sobat Al Maqdis sudah banyak yang tahu tentunya apa itu hikmah puasa ramadhan, tapi apa salahnya siih kita bahas lagi tentang pelajaran itu... (jiaaa pelajaran... kayak sekula adja... hohoo) ya sudah, itung-itung ngaji juga kali yah... berikut beberapa hikmah puasa ramadhan, simak yuuk... ^_^

Ibadah dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT.
"Wahai orang-orang yang beriman. Diwajibkan kepada kamu puasa sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang yang sebelum kamu,supaya kamu menjadi orang-orang yang bertaqwa." (S.al-Baqarah:183)
yups, berpuasa tentu melakukan suatu bentuk ibadah sesuai tuntunan syari'at sebagai bentuk pendekatan diri kita dan akhirnya bertujuan untuk membentuk pribadi yang taqwa yah sob.... (waah tambah semangka donk puasanya.... hehe)

Menambah rasa syukur dan merasakan apa yang dirasakan orang tidak mampu
Sobat ngerasain laper saat berpuasakah...? kalo iya, berarti kita sama... hehe,,, dan itu ternyata mengajarkan kepada kita untuk semakin bersyukur atas nikmat selama ini kita bisa merasakan makanan yang enak, sehat badan kita, dan tentu umur kita yang masih diberikan, maka kita bisa mengambil hikmah puasa, kebayangkan sob kalo diluar sana masih banyak orang yang kurang mampu, gak bisa makan enak, kesehatan mereka tidak terjamin, dan sebagainya... nah dengan puasa, kita paling tidak merasakan sebagian apa yang mereka rasakan...

Menjaga diri, hati, dan pikiran
naaah,,, puasa kan bukan cuma nahan diri dari makan minum saja yak sobat...? tapi juga nahan diri kita dari perbuatan yang dapat membatalkan pahala puasa.... tentu dengan begitu kita dapat terus berusaha sekuat mungkin untuk menjaga diri, hati, dan pikiran kita dari hal-hal yang tidak baik.... wow... mudah-mudahan bisa yaa sob.... hehe

Berfaedah bagi Kesehatan
Selain kesehatan rohani yang kita dapat, dengan berpuasa kita juga dapet kesehatan jasmani loh sobat... hal ini karena puasa memberikan kesempatan pada alat-alat pencernaan yang pada hari-hari tidak berpuasa bekerja ekstra keras. juga saat berpuasa, sekitar 600 miliar sel dalam tubuh menghimpun diri agar dapat bertahan hidup. Dengan berhimpunnya 600 miliar sel, daya tahan tubuh seseorang akan semakin tangguh. wah waah... hebat gak sob...?? masih ada nih, Meningkatkan daya serap makanan yang semula hanya menyerap gizi sebesar 35 % dari semua gizi yang dikandung dalam makanan menjadi hampir mencapai 85 %... dan juga bisa buat diet tentunya yuaaa.... upz.... hohooo

Mengajarkan Kedisiplinan
yang ini pasti... yaa paling tidak disiplin ketika makan sahur dan disiplin saat berbuka puasa yah sobat...? hehe... tapi selain itu, kita juga perlu mengerti hikmah kedisiplinan yang bisa kita aplikasikan dalam kehidupan nyata yoaa.... mudah-mudahan deh..... hihiihiii....

puasa tentu mengajarkan hikmah yang melimpah, juga manfaat yang bisa dirasa baik bagi jasmani kita, terlebih rohani.... diantara hikmah dan manfaat di atas, tentu hanya sebagian kecil yang bisa Al Maqdis sajikan untuk sobat,,,, akhirnya, saya ucapkan selamat menjalankan ibadah puasa bulan ramadhan untuk sobat semua, semoga puasanya lancar, mendatangkan hikmah, dan mendapatkan berkah juga ampunan... ^_^ Aamiin....

semoga bermanfaat
Wassalamu'alaikum....

Al Maqdis
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SOBAT AL MAQDIS
Judul: Hikmah Puasa Bulan Ramadhan
Ditulis oleh ibnu uzer
Rating Blog 5 dari 5
Semoga artikel ini bermanfaat bagi sobat. HARAP TIDAK MENGUTIP, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini. Sobat bisa share dengan link dofollow ke http://almaqdis.blogspot.com/2013/07/hikmah-puasa-bulan-ramadhan.html. Terima kasih sudah singgah membaca artikel ini.

0 comments:

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Share Pengalaman dan Ilmu untuk Hidup Lebih Baik - Copyright of AL MAQDIS desain grafis.